Jelang Ramadhan, Axis Tambah Jaringan di 1.170 Site


https://i2.wp.com/m.okezone.com/mimg/2011/07/14/54/479824/large_S3vM7M9uao.JPG
Ilustrasi

Inilah yang saya tunggu-tunggu dari Axis. Memang selama ini saya masih kurang puas dengan Axis, khususnya di jaringannya.


Kebetulan saya yang tinggal di daerah Jakarta Timur, sangat kesulitan untuk menangkap sinyal Axis. Begitu juga dengan jaringan inetnya. Sangat lambat dah susah. Apalagi kalau berada dalam rumah. Saya harus berlari keluar rumah agar bisa mendapatkan sinyal yang bagus.

Sempat saya berfikir. ”Ini kan kota besar, tapi kenapa sinyal Axis susah?”

Tapi, untuk menambahkan jaringan kenapa harus nunggu ramadhan?

Berikut yang saya kutip dari okezone.com, disimak ya!

Peningkatan trafik voice, SMS maupun data yang terjadi setiap Ramadhan dan Idul Fitri selalu menjadi perhatian seluruh operator telekomunikasi setiap tahun. Tidak terkecuali dengan Axis.

Salah satu masalah yang harus diantisipasi Axis, serta operator lainnya, tentu adalah perpindahan trafik dari kota ke daerah disebabkan arus mudik.
Untuk mengantisipasi hal ini, Axis telah melakukan upgrade atau penambahan kapasitas jaringan pada sekira 1.170 site yang tersebar di seluruh pulau Jawa.

“Sejak tiga bulan lalu kami sudah melakukan persiapan untuk upgrade kapasitas Trx (transmission unit) sehingga diharapkan pelanggan tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan siapapun,” jelas Dadan Rahmat selaku Radio Network Planning Manager Axis wilayah Jawa Tengah, Kamis (14/7/2011).

“Untuk saat ini penambahan kapasitas itu memang masih terbatas di wilayah Jawa, tapi ke depannya tentu kami akan melakukan di lebih banyak site,”
tambah Dadan.

Jumlah Trx yang ditambah setiap site, menurut Dadan, tidak bisa dipukul rata. “Kami melakukan penambahan sesuai kebutuhan masing-masing
wilayah dan berdasarkan tren pelanggan dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Selain menambah kapasitas Trx untuk voice dan SMS, Axis juga menambah jumlah channel untuk layanan data di setiap site. Pasalnya, merujuk pada ‘tradisi’ mudik yang kerap diasosiasikan dengan macet, seringkali trafik justru datang dari jalan, bukannya daerah mudik yang dituju.

“Biasanya kalau mudik bisa terjebak macet sampai beerjam-jam. Kalau sudah begitu biasanya salah satu kegemaran pelanggan adalah mengakses situs-situs jejaring sosial,” ujar Dadan lagi.

Network Performance Officer Adrian Sumbara menambahkan pihaknya juga semakin mengintensifkan drive test atau uji jaringan di jalur-jalur mudik agar bisa mengantisipasi apa saja kebutuhan pelanggan.

“Kami memang biasa melakukan drive test ini satu kali setiap bulannya. Tapi jelang Ramadhan pelaksanaannya tentu lebih intensif,” paparnya.

“Lagipula kami juga harus melaporkan uji jaringan ke Ditjen Postel, dimana setiap operator harus memenuhi kuota tertentu. Kalau tidak bisa
memenuhi itu kami bisa dikenakan penalti,” tutupnya.

Tapi jika benar, ini sangat menguntungkan buat saya dan juga pengguna Axis lainnya. Kita tunggu saja, apakah ada perubahan.

Other Articles :

7 thoughts on “Jelang Ramadhan, Axis Tambah Jaringan di 1.170 Site

  1. .BlackBerry Bold 9700 atau yang akrab disebut dengan panggilan Onyx akhirnya resmi juga di Indonesia. Sekilas memang tidak ada yang istimewa tentang anggota baru keluarga BlackBerry ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s