Indonesia Bersih? Oh, No…


image

Indonesia itu bersih!!
Itu kata yang pernah saya dengar. Entahlah, saya sudah lupa kapan saya mendengarnya dan siapa yang mengucapkannya.


Menurut saya kata itu belum pantas untuk menggambarkan Indonesia bersih, itu hanya terlihat dari luarnya saja. Tapi bagaimana dengan di dalamnya?

Sedikit gambaran tentang di dalamnya Indonesia, saya ambil dari Jakarta. Kota ini memang terkenal dengan macet. Kendaraan yang padat membuat beberapa jalan di kota ini sering macet. Ditambah lagi dengan padatnya penduduk, yang memang menurut saya banyak. Setiap orang dari kota lain datang ke sini, alasanya cari uang.

Satu lagi masalah yang kerap terjadi di Jakarta, yaitu banjir. Ini salah satu yang tak lepas dari Jakarta. Apalagi kalau sudah turun hujan, air akan menggenang di mana-mana. Terutama di daerah-daerah rawan banjir, seperti di pinggiran sungai atau di daerah dataran yang rendah.

image

Saya dapati sebuah genangan air yang cukup luas di jalan dekat rumah saya depan sebuah toko sepeda. Memang hanya sebuah masalah kecil bukan banjir yang menenggelakan rumah. Tapi ini juga bisa berakibat besar. Apalagi kodisi jalan yang tidak ada trotoarnya dan malah dipenuhi pedagang kaki lima yang berjajar. Alhasil bagi pejalan kaki ini sangat tidak nyaman. Mereka akan lebih memilih menghindari genangan air itu dan terpaksa lewat ke tengah jalan. Jelas ini sangat berbahaya. Karena mereka bisa tertabrak kendaraan yang melaju.

image
image

Yang saya herankan, kenapa tidak ada satu orangpun yang melihat ini dan Membersihkanya? Dan kenapa pemilik toko hanya diam saja, padahal air menggenang di depan tokonya. Padahal itu bisa berakibat buruk pada tokonya. Bisa jadi orang yang akan datang ke toko tidak jadi karena ia tidak ingin kakinya jadi basah dan kotor. Ia enggan membagi sedikit tenaganya untuk memperbaiki saluran air yang mampet terletak di sebelah tokonya.

image
image

Nah, mulai dari kita nih. Belajarlah peduli dengan kebersihan lingkungan. Kebersihan untuk negara kita. Pasti kalian mau kan Indonesia bersih. Jadi, mulailah dari sekarang. Tidak usah besar-besar, bisa dari hal kecil seperti di lingkungan kalian. Ini akan sangat membantu tidak terjadinya banjir atau masalah-masalah lain.

Jangan harus menunggu pemerintah untuk bertindak. Jangan harus menunggu orang lain untuk melakukannya. Pemerintah sudah berusaha untuk menangani masalah ini. Tapi bila kita tidak ikut turun semuanya tidak akan terlaksana dengan baik.

Other Articles :

4 thoughts on “Indonesia Bersih? Oh, No…

  1. ………………………………………… JAKARTA Mantan bendahara umum Partai Demokrat M Nazaruddin melancarkan serangan balik merespons sanksi yang diterimanya dari Dewan Kehormatan Partai Demokrat. Dia kini menyebut Menpora Andi Mallarangeng yang juga kader partai mengetahui kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang yang sebelumnya menyeret Sekretaris Menpora Wafid Muharam. Baik teknis maupun anggaran proyek pembangunan wisma atlet di Palembang itu diketahui Menpora. Sedangkan dalam laporan Ketua Mahkamah Konstitusi MK Mahfud MD bahwa dirinya memberi uang kepada Sekjen MK Janedjri M Gaffar menurut Nazaruddin kemungkinan karena yang bersangkutan Janedjri sakit hati terhadapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s